Senin, 02 Februari 2015

Alat Musik (Kecapi)



Guys, yang aku isi di halaman ku kali ini aku mau bahas tentang alat musik tradisional Indonesia yang unik dan hampir mirip dengan Gayageum asal Korea Selatan. Tetapi masing – masing memiliki ciri khas masing-masing. 


Kecapi merupakan alat musik klasik tradisional Sunda yang sering mewarnai beberapa kesenian di  Sunda.  Pembuatan alat musik ini membutuhkan kesabaran yang tinggi, karena kayu yang dibuat untuk alat musik ini adalah kayu kenanga yang direndam selama 3 bulan. Sedangkan senarnya dari kawat suasa (campuran emas dan tembaga), namun karena harganya sangat mahal maka kawat diganti dengan kawat baja. Alat musik kecapi dimainkan sebagai alat musik utama yang dimainkan dalam Tenbang Sunda atau Mamaos Cianjuran.

Nada dalam kecapi Sunda memiliki 5 tangga nada (pentatonis) yaitu Da, Mi, Na, Ti, La. Pasangan alat musik kecapi Sunda biasanya suling Sunda yang terbuat dari bambu. Alunan musik sunda yang mengayun-ayun akan membuat orang yang mendengarnya merasa nyaman dan menikmati alunan musik asal salah satu daerah di Indonesia ini.


Source: asal usul sejarah.htm

0 komentar: